Sabtu, 14 Desember 2019

LAPORAN PELAKSANAAN DIKLAT GURU SASARAN (GS) PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI MATA PELAJARAN IPS JENJANG SMP KELAS 330043.3312.93100.A PUSAT BELAJAR SMP NEGERI 1 MANYARAN DI KAB. WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH


LAPORAN PELAKSANAAN



DIKLAT GURU SASARAN (GS)
PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN (PKP) BERBASIS ZONASI 
MATA PELAJARAN IPS JENJANG SMP
KELAS 330043.3312.93100.A PUSAT BELAJAR  SMP NEGERI 1 MANYARAN
DI KAB. WONOGIRI PROVINSI JAWA TENGAH 



PELAKSANAAN

KELAS                          : 330043.3312.93100.A
MATA PELAJARAN  : IPS
PUSAT BELAJAR       : SMP NEGERI 1 MANYARAN
TANGGAL                             : 21 NOVEMBER - 15 DESEMBER 2019
GURU INTI                  : SAPTO BUDI HENDROTANOYO,S.Pd
Unit Kerja                     : SMP NEGERI 2 MANYARAN
NIP                                : 19670607 199003 1 013
NO UKG                       : 201510471104

                                         


DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN 2019







KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan bimbingan dan kemudahan sehingga laporan Diklat Guru Sasaran Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi  Mata Pelajaran IPS Jenjang SMP di Kelas 330043.3312.93100.A Pusat Belajar SMP Negeri 1 Manyaran Kab. Wonogiri Provinsi Jawa Tengah selesai disusun.

Diklat Guru Sasaran Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi  Mata Pelajaran IPS Jenjang SMP di Dinas Pendidikan Kab. Wonogiri  Provinsi  Jawa Tengah  ini dilaksanakan tanggal 21 November s.d, 15 Desember 2019 di Kelas 330043.3312.93100.A Pusat Belajar SMP Negeri 1 Manyaran. Peserta terdiri dari 10 orang guru yang mengampu Mata Pelajaran IPS jenjang SMP.  

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).


                                                                               
Wonogiri, 15 Desember 2019
Guru Inti
                                                                          
                                                                                
Sapto Budi Hendrotanoyo,S.Pd
NIP 19670607 199003 1 013







BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
            Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 57 menyatakan bahwa evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada  pihak-pihak yang berkepentingan. Evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga, dan program pendidikan pada jalur formal dan nonformal untuk semua jenjang, satuan, dan jenis pendidikan
Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan  bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Sebagai bagian dari evaluasi, Indonesia melakukan benchmark internasional dengan mengikuti Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dan Programme for International Student Assessment (PISA)
Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN ternyata selaras dengan capaian Programme for International Student Assessment (PISA) maupun Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).
Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN ternyata selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti
 
menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka  pelaksanaan Program PKB melalui PKP harus mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan kelompok kerja guru,yan yang selama ini dilakukan melalui gugus atau rayon, dapat terintegrasi melalui zonasi

B.     Target Kompetensi
Target kompetensi yang ingin dicapai dari pembekalan ini adalah peserta dapat memfasilitasi kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP)

C.    Tujuan
Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan mampu: 1. Memfasilitasi materi pembekalan Instruktur berupa konsep Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi  ( Higher Order Thinking Skills )

1.      Pengembangan Pembelajaran, Penilaian dan Praktik Pembelajaran berorientasi  Higher Order Thinking Skills (HOTS), serta strategi fasilitasi kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi
2.      Memfasilitasi transfer knowledge baik teori maupun praktik pembelajaran Program PKB melalui PKP berbasis Zonasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  berorientasi  Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terintegrasi 5 (lima) unsur Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi,
3.      Memfasilitasi kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi sesuai dengan skenario pembelajaran.

D.    Hasil Yang Diharapkan

1.      Peserta memiliki pemahaman tentang kebijakan program PKB melalui PKP berbasis zonasi;
2.      Peserta memiliki pemahaman tentang integrasi PPK dan GLN dalam pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS);
3.      Peserta memiliki pemahaman tentang konsep dan pendalaman materi pembelajaran berorientasi HOTS;
4.      Peserta memiliki pemahaman tentang pengembangan desain dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran berorientasi HOTS;
5.      Peserta mampu mengajar sesuai RPP yang disusun;
6.      Peserta mampu menyusun laporan Best Practice;
7.      Peserta memiliki pemahaman tentang pengenalan kelas pendampingan Online.

E.     INDIKATOR 
            Indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan dicapai oleh peserta melalui kegiatan ini yaitu:
1.      Menjelaskan kebijakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi,
2.      Menjelaskan integrasi PPK dan Gerakan Literasi Nasional dalam pembelajaran  berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS),
3.      Menjelaskan Konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS),
4.      Mengembangkan pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi Higher Order Thinking Skills (HOTS),
5.      Mengembangkan Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS),
6.      Mengembangkan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
7.      Mempraktikkan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam  bentuk Real Teaching,
8.      Menganalisis strategi fasilitasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi



BAB II
PROGRAM DAN KEGIATAN

A.    JADWAL KEGIATAN
Jadwal kegiatan PKP berlangsung dari tanggal 21 November s.d 15 Desember 2019 dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
NO

KEGIATAN

TANGGAL

MATERI
JML JP
1         
IN 1 (di SMP Negeri 1 Manyaran)
21 November 2019
Kebijakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
1



Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
1



Pengenalan Kelas Pendampingan Online
4



Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-1)
4
2         
IN 2
24 November 2019
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaranke-2)
4



Pengembangan dan Reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
6



Pengembangan dan reviu Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1
4
3         
ON 1
25 s.d 29 November 2019
Penyusunan RPP unit ke-1
4



Pengembangan Desain Pembelajaran unit ke-2
6
4         
IN 3
1 Desember 2019
Reviu RPP unit ke-1
10



Reviu Desain Pembelajaran unit ke-2

5         
ON 2
2 s.d 6 Desember 2019
Praktik Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1 (RPP unit ke-1)
10



Penyusunan RPP unit ke-2

6         
IN 4
8 Desember 019
Refleksi Praktik Pembelajaran unit ke-1
2



Reviu RPP ke-2
6



Penyusunan Laporan Best Practice
2
7         
ON 3
9 s.d 13 Desember 2019
Praktik pembelajaran unit ke-2 (RPP unit ke-2)
8



Penyusunan Laporan Best Practice
2
8         
IN 5
15 Desember 2019
Presentasi Laporan Best Practice
6



Tes Akhir
2

Jumlah


82

B.           KEGIATAN
Bentuk kegiatan atau keterangan dari jadwal kegiatan diatas adalah sebagai  berikut :
IN 1 :
1.      Kebijakan PKP
a)      Penguatan
2.      PPK dan GLN berorientasi HOTS
a)      Kelas dibagi menjadi 4 kelompok besar
b)      Setiap kelompok dipimpin oleh ketua kelompok
c)      Setiap peserta menuliskan contoh penerapan PPK dan GLN di kertas post it
d)     Ketua kelompok memfasilitasi setiap anggota untuk menempelkan dan mengkategorikan post-it contoh penerapan PPK dan GLN pada kertas plano yang ditentukan fasilitator
e)      Peserta melakukan walking gallery ke kelompok lain
f)       Ketua dan anggota kelompok mengkategorikan contoh penerapan PPK dan GLN
g)      Penguatan
3.      PengenalanKelasPendampingan Online
a)      Pengantar
b)      Paparan
c)      Penguatan
d)     Simulasi
e)      Kelaspendampinganonlinedapatdiaksesselamakegiatanberlangsung
f)       KelasPendampingan Online terdiridariFasilitator (NS/IP/IK), Guru Inti, Guru Sasaran
g)      KelasSiswaterdiridari Guru Sasarandanpesertadidiknya
h)      Peserta dan Guru Inti wajib mengunggah tagihan dan laporan ke kelas pendampingan online
IN 2 :
1.      Analisis Unit Pembe;ajaran
a)      Kegiatan
v  Pengantar 5’
v  Analisis UP 150’
v  Presentasi 15’
v  Penguatan 10’

b)     Langkah
v  Menentukan unit pembelajaran yang akan dipelajari oleh peserta didik pada waktu On-2 dan On-3!
v  Menentukan unit pembelajaran berdasarkan KD pada semester yang sedang berjalan berdasarkan pada program semester yang telah disusun!
v  Menentukan  dua unit pembelajaran untuk setiap siklus pembelajaran!
v  Guru kelas (tematik terpadu) memilih unit pembelajaran untuk pembelajaran On-2 atau ON-3 boleh satu unit atau lebih dari dua unit, tetapi ditetapkan pada satu siklus mempelajari dua unit pembelajaran.
v  Melakukananalisisterhadap unit pembelajaran yang sudahdipilihdenganmenggunakanlembarkerja LK-2
v  Presentasihasilanalisis LK-2

2.      DesainPembelajaran
a)      Kegiatan
v  Pengantar 5’
v  DiskusidesainPemb30’
v  Mendesain Unit Pembelajaran (individu) 180’
v  DiskusiTugasMandiri 30’
v  Penguatan 20’

b)     Langkah
v  Peserta secara mandiri mendesain pembelajaran pada Lembar Kerja (LK-3) dengan ketentuan (110’):
v  Menentukan satu unit dari dua unit pembelajaran yang telah dianalisis pada kegaiatan 1 untuk didesain dan digunakan pada ON-2
v  Guru kelas (tematik terpadu):mendesain pembelajaran dengan memadukan minimal dua mata pelajaran yang akan dilaksanakan pada On-2.
v  Jika pada ON-2 muatan mata pelajaran yang akan diajarkan tidak ada unit pembelajarannya maka guru harus mengembangkan sendiri muatan mata pelajaran tersebut dan dipadukan dengan muatan mata pelajaran yang ada unit pembelajarannya.
v  Peserta secara individu maupun kelompok mendiskusikan tugas mandiri yang telah dikerjakan dengan Guru Inti guna untuk ketuntasan tugas yang dikerjakan  (20’)
v  Penguatan (10’).

3.      Penyusunan soal HOTS
a)      Kegiatan
v  Pengantar 10’
v  DiskusiPenilaianPembelajaranBerorientasi HOTS (30’)
v  Mengerjakan LK secaramandiridantelaahsoal(110’)
v  mendiskusikan tugas mandiri dengan guru inti (20’)
v  Penguatan(10’)
b)     Langkah
v  Menyusunkisi-kisisoal.
v  Menentukan indikatorkunci yang akandibuatkansoal. Apabila indikator kunci belum berada di level kognitif 3 (penalaran), buatlah tambahan soal dari indikator pengayaan.
v  Memilih stimulus yang menarikdankontekstual.
v  Menulisbutirpertanyaanpadakartusoalsesuaidengankisi-kisisoal.
v  Membuatpedomanpenskoranataukuncijawaban.
ON 1 :
Langkah Kegiatan:
  1. Pengembangan Pembelajaran
a           Peserta mengkaji sistematika penyusunan RPP berorientasi HOTS (LK-5)
b          RPP disusun secara individu sesuai dengan jenjangnya berdasarkan pada LK-3 yang telah dikerjakan pada kegiatan IN-2
c           Melengkapi RPP dengan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
d          Penilaian pengetahuan memasukkan soal-soal HOTS yang telah disusun pada LK-4 di kegiatan IN-2.
e           Menyusun Bahan Ajar dan dilampirkan pada RPP.
2.        Desain Pembelajaran Unit ke-2
a. Mendesain pembelajaran pada Lembar Kerja (LK-3) dengan ketentuan (110’):
1.    Unit pembelajaran ke-2 didesain untuk digunakan pada ON
2.    Guru kelas (tematik terpadu):
·           mendesain pembelajaran dengan memadukan minimal dua mata pelajaran yang akan dilaksanakan pada On-3.
·           Jika pada On-3 muatan mata pelajaran yang akan diajarkan tidak ada unit pembelajarannya maka guru harus mengembangkan sendiri muatan mata pelajaran tersebut dan dipadukan dengan muatan mata pelajaran yang ada unit pembelajarannya.
3.        Desain Penilaian Pembelajaran
a         Mengembangkan penilaian pembelajaran berdasarkan KD pada unit pembelajaran yang terpilih pada LK-4.
b        Menyusun soal HOTS dengan menggunakan LK-4 dengan langkah kegiatan sebagai berikut:
1.         Menyusun kisi-kisi soal pada LK-4.a
2.         Menyusun soal pilihan ganda pada LK-4.b
3.         Menyusun soal uraian pada LK-4.c

IN 3 :
1.      Tinjauan Desain Pembelajaran dan Penilaian HOTS
a)      Kegiatan
v  Pengantar 10’
v  Diskusitehnikmelakukanreviuw RPP Berorientasi HOTS (15’)
v  Reviu RPPdan saran perbaikanterkait RPP yang di-Reviu(10’)
v  melakukan perbaikan RPP berdasarkan hasil Reviu(135’)
v  Penguatan(10’

b)     Langkah
v  Menentukanteknikmelakukanreviu RPP berorientasi HOTS
v  Membagipesertamenjadi 4 kelompok
v  Pesertasalingbertukar RPP
v  Reviu RPP denganmenggunakan LK-6
v  Melakukanperbaikan RPP
2.      Perbaikan hasil tinjauan Pembelajaran dan Penilaian HOTS
a)      Kegiatan
v  Pengantar 10’
v  DiskusiteknikmelakukanReviudesainpembelajaran(15’)
v  -  Pembagiankelompokdansaling bertukar desain pembelajaran
v  - melakukan Reviudesain pembelajaran dan penilaian(10’)
v  memberikan saran perbaikandesain pembelajaran dan penilaian berdasarkan hasil Reviu   (90’)
v  Perbaikandesain pembelajaran dan penilaian berdasarkan hasil Reviu(135’)
v  Penguatan(10’
b)     Langkah
v  Menentukanteknikmelakukanreviudesainpembelajaran
v  Membagipesertamenjadi 4 kelompok
v  Pesertasalingbertukardesainpembelajaran
v  Reviudesainpembelajaran
v  Melakukanperbaikandesainpembelajaran
ON 2 :
A.  Tujuan
Peserta melaksanakan praktek pembelajaran dan menyusun RPP unit 2


B.  Petunjuk
1.        Peserta melaksanakan pratek pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Peserta melakukan persiapan sebelum melaksanakan pratek pembelajaran
b.       Peserta melaksanakan  proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disusun pada kegiatan IN-3
c.           Pengawas pembina melakukan pengamatan pratek pembelajaran yang dilakukan peserta dengan mengunakan format Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTS yang telah tersedia
2.        Peserta mengaupload lembar pengamatan yang telah di isi oleh pengawas ke aplikasi pendampingan Online
3.        Peserta menyusun RPP berorientasi HOTS Unit ke 2 sesuai dengan desain pembelajaran yang telah di susun pada In 3 dengan mengunakan LK-5.
4.        Peserta mengisi Jurnal Pratek mengajar. 

IN 4 :
1.      Refleksi Praktik Pembelajaran di Penilaian di Sekolah
a)      Kegiatan
v  Pengantar(10’)
v  PenbagianKelompok (5’)
v  RefleksiMandiri(20’)
v  Curah Pendapat(15’)
v  Presentasi(30’)
v  Penguatan(10’)

b)     Langkah
v  Pengantar (10’)
v  Peserta dibagi kedalam beberapa kelompok yang beranggotakan 4 orang dalam satu kelompok (5’).
v  Secara mandiri peserta melakukan refleksi dengan menggunakan  LK-8(20’),
v  Peserta melakukan Curah Pendapat dan membuat kesimpulan di kelompok masing-masing terkait LK-8 (15’),
v  Setiap kelompok mempresentasikan hasil dari kesimpulan ke depan kelas (30’)
v  Guru Intimemberikanpenguatan. (10’)

2.      Desain Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS
a)      Kegiatan
v  Pengantar(10’)
v  berdiskusitentangteknikmelakukanReviu RPP berorientasi HOTS  (15’)
v  Reviu RPP (10’)
v  memberikan saran perbaikan (45 JP)
v  perbaikan RPP (180’)
v  Penguatan(10’)

b)     Langkah
v  Pengantar (10)
v  BerdiskusitentangteknikmelakukanReviu RPP berorientasi HOTS (15’)
v  Peserta dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 4 orang dan saling bertukar RPP antara satu kelompok ke kelompok lain berdasarkan pembagian dari Guru Inti untuk melakukan Reviu RPP dengan menggunakan LK-6 (10’)
v  Peserta memberikan saran perbaikan dan mendiskusikan dengan Guru Inti terkait RPP yang di-Reviu(45’)
v  Peserta melakukan perbaikan RPP berdasarkan hasil Reviu LK-6  (180’)
v  Penguatan (10’)

ON 3 :
Tujuan :
Peserta mampu melaksanakan pembelajaran unit 2 dan penyusunan Laporan Best Practice dengan lengkap
Petunjuk:
1.      Pratek pembelajaran unit  2
2.      dengan langkah sebagai berikut:
a.       Peserta melakukan persiapan sebelum melaksanakan pratek pembelajaran
b.      Peserta melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disusun pada kegiatan IN-4
c.       Pengawas pembina melakukan pengamatan pratek pembelajaran yang dilakukan peserta dengan mengunakanformat Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran Berorientasi HOTSyang telah tersedia
d.      Peserta mengaupload lembar pengamatan yang telah di isi oleh pengawas ke aplikasi pendampingan Online
e.       Peserta menyusunRPP berorientasi HOTS Unit ke 2 sesuai dengan desain pembelajaran yang telah di susun pada In 4 dengan menggunakan LK-5.
Peserta mengisi Jurnal Pratek mengajar. 2.Finalisasi penyusunan laporan Best Practicedengan menggunakan rambu-rambu yang telah disampaikan pada IN-4.

IN 5 :Laporan Best Practice
1.      Persiapan:
a)      Kelengkapan yang harus disiapkan oleh peserta untuk melaksanakan presentasi Best Practice:
v  Makalah Best Practice
v  Bahan tayang
v  Lembar Pengesahan oleh Kepala Sekolah
v  Format berita acara
v  Format daftar hadir peserta
v  Format daftar hadir peserta yang akan presentasi
v  Jadwal presentasi
v  Format Surat Pernyataan Melakukan Kegiatan (SPMK)
v  Dokumentasi kegiatan
b)     Petugas pelaksana presentasi terdiri dari:
v  Moderator
v  Notulen
v  Penanggung jawab berkas administrasi (bisa ditugas guru sasaran)

2.      Pelaksanaan
a.       Peserta secara bergantian mempresentasikan laporan Best Practice selama lebih kurang 15 menit secara Pleno.
b.      moderator membuka sesi pertanyaan, supaya peserta lain dapat lebih belajar dari hasil Best Practice yang dipresentasikan oleh temannya selama 10 menit.
c.       Guru inti memberikan masukkan dan penguatan terhadapat best practice yang ditampilkan oleh peserta























BAB III
PELAKSANAAN

A.      Waktu dan Tempat

1.      Waktu   :
NO
KELAS
TANGGAL
1.       
330043.3312.93100.A
 21 November s.d, 15 Desember 2019

2.      Tempat :
NO
KELAS
IN (PB)
1.
330043.3312.93100.A
SMP Negeri 1 Manyaran

B.       Peserta


NO
KELAS
JUMLAH SASARAN
JML HADIR
PERSENTASE
1.
330043.3312.93100.A
10
10
100%




















C.      Alur Kegiatan



PENYIAPAN KEGIATAN DAN ADMINISTRASI


PENDAFTARAN PESERTA


PELAKSANAAN


PENUTUPAN

1. Pembuatan draft surat pemanggilan;
2. Draft surat penugasan;
3. Pengajuan kebutuhan sarana kegiatan;
4. Koord. persiapan kegiatan;
5. Penyiapan administrasi dan bahan pendukung;
6. Penyiapan pembukaan.



1. Administrasi pendaftaran peserta;
2. Cek kesesuaian peserta;
3. Penyerahan Materi Diklat;




PEMBUKAAN

1. Laporan persiapan;
2. Pembukaan kegiatan.



1.    Laporan singkat
2.    Penutupan kegiatan
3.    Dokumen pelaksanaan diklat



1.    Proses pembelajaran
2.    Evaluasi pelaksanaan


 



D.     
E.      
F.      
G.     
H.     







D.      Narasumber/Fasilitator

NO
KELAS
NAMA
INSTANSI
1.
330043.3312.93100.A
1.     DR. Dra. YULI BANGUN NURSANTI, MPd
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Wonogiri


2.     Sapto Budi Hendrotanoyo,S,Pd
SMP Negeri 2 Manyaran, Wonogiri

E.       Panitia

NO
KELAS
NAMA
INSTANSI
1.
330043.3312.93100.A
1.      Drs.Warno,M.Pd
SMP Negeri 1 Manyaran


2.      Muliyem,S.Pd
SMP Negeri 1 Manyaran


3.      Diah Rahmawati
SMP Negeri 1 Manyaran

F.       Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan dalam pelaksanaan Diklat Guru Sasaran Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi  Mata Pelajaran IPS Jenjang SMP dengan pemberian ceramah dan informasi (penguatan), tanya jawab, diskusi, penugasan, presentasi, simulasi, dan praktik.

G.      Jadwal Kegiatan

NO
KEGIATAN
TANGGAL
MATERI
JML JP
9         
IN 1 (di SMP Negeri 1 Manyaran)
21 November 2019
Kebijakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi
1



Integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
1



Pengenalan Kelas Pendampingan Online
4








Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaran ke-1)
4
10     
IN 2
24 November 2019
Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS (Unit Pembelajaranke-2)
4



Pengembangan dan Reviu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS unit ke-1
6



Pengembangan dan reviu Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1
4
11     
ON 1
25 s.d 29 November 2019
Penyusunan RPP unit ke-1
4



Pengembangan Desain Pembelajaran unit ke-2
6
12     
IN 3
1 Desember 2019
Reviu RPP unit ke-1
10



Reviu Desain Pembelajaran unit ke-2

13     
ON 2
2 s.d 6 Desember 2019
Praktik Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS unit ke-1 (RPP unit ke-1)
10



Penyusunan RPP unit ke-2

14     
IN 4
8 Desember 019
Refleksi Praktik Pembelajaran unit ke-1
2



Reviu RPP ke-2
6



Penyusunan Laporan Best Practice
2
15     
ON 3
9 s.d 13 Desember 2019
Praktik pembelajaran unit ke-2 (RPP unit ke-2)
8



Penyusunan Laporan Best Practice
2
16     
IN 5
15 Desember 2019
Presentasi Laporan Best Practice
6



Tes Akhir
2

Jumlah


82

H.  Keluaran Kegiatan

Hasil kegiatan pada Diklat Guru Sasaran Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi  Mata Pelajaran IPS Jenjang SMP sesuai yang diharapkan, yaitu:
1.      Peserta memiliki pemahaman tentang kebijakan program PKB melalui PKP berbasis zonasi;
2.      Peserta memiliki pemahaman tentang integrasi PPK dan GLN dalam pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS);
3.      Peserta memiliki pemahaman tentang konsep dan pendalaman materi pembelajaran berorientasi HOTS;
4.      Peserta memiliki pemahaman tentang pengembangan desain dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran berorientasi HOTS;
5.      Peserta mampu mengajar sesuai RPP yang disusun;
6.      Peserta mampu menyusun laporan Best Practice;
7.      Peserta memiliki pemahaman tentang pengenalan kelas pendampingan Online

BAB V
PENUTUP

A.      Kesimpulan

Hasil evaluasi penyelenggaraan Diklat Guru Sasaran Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi  Mata Pelajaran IPS Jenjang SMP di Kelas 330043.3312.93100.A Pusat Belajar SMP Negeri 1 Manyaran Dinas Pendidikan Kab. Wonogiri Provinsi Jawa Tengah     dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.         Evaluasi input
Peserta Diklat Guru Sasaran Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi  Mata Pelajaran IPS Jenjang SMP di Kelas 330043.3312.93100.A Pusat Belajar SMP Negeri 1 Manyaran Dinas Pendidikan Kab. Wonogiri Provinsi Jawa Tengah   terdiri dari guru Mata Pelajaran IPS jenjang SMP.

Rincian jumlah kehadiran peserta sebagai berikut:

NO
KELAS
JUMLAH SASARAN
JML HADIR
PERSENTASE

1.       
330043.3312.93100.A
10
10
100%

Jumlah
10
10
100 %

Jumlah peserta yang direncanakan 10 orang hadir 10 orang, sehingga kehadiran peserta tercapai 100 %.

2.        Evaluasi proses
a.         Hasil evaluasi penatar
NO
KELAS
RATA-RATA
KATEGORI
1        
330043.3312.93100.A
94.08
Amat Baik

Rata-rata
94.08
Amat Baik



b.         Hasil evaluasi penyelenggaraan
NO
KELAS
RATA-RATA
KATEGORI
1        
330043.3312.93100.A
85.31
Amat Baik
Rata-rata
85.31
Amat Baik



3.      Evaluasi output 
a.    Nilai peserta
NO
KELAS
RATA-RATA
KATEGORI
1        
330043.3312.93100.A
90,65
Amat Baik
Rata-rata
90,65
Amat Baik

b.         Hasil Kegiatan
Hasil kegiatan sesuai yang direncanakan yaitu peserta memahami kebijakan Program PKB melalui PKP berbasis Zonasi, memahami konsep dan mampu menyusun pengembangan desain, rencana pelaksanaan pembelajaran, praktik pembelajaran dan praktik penilaian pembelajaran berbasis HOTS, mampu menyusun Laporan Best Practice serta memahami pengenalan Kelas Pendampingan Online.

4.      Sertifikasi
Peserta kegiatan Diklat Guru Sasaran Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi  Mata Pelajaran IPS Jenjang SMP di Kelas 330043.3312.93100.A Pusat Belajar SMP Negeri 1 Manyaran Dinas Pendidikan Kab. Wonogiri Provinsi Jawa Tengah    dari 10 orang yang mengikuti kegiatan ini seluruhnya mendapatkan sertifikat.

B.       Rekomendasi
1.      Pada kegiatan diklat ini, hasil evaluasi seluruh komponen penatar dan penyelenggaraan diklat pada umumnya sudah baik, hal tersebut perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi.








LAMPIRAN

Lampiran 1. Rekapitulasi Data Peserta

 


Kelas
: 330043.3312.93100.A
Mata Pelajaran
: IPS
Fasilitator
: Sapto Budi Hendrotanoyo,S.Pd
Tanggal pelaksanaan
: 21 November s.d 15 Desember 2019
Tempat pelaksanaan
: SMP Negeri 1 Manyaran
No
Nama Peserta


NAMA SEKOLAH
KABUPATEN


1
WARYANA,S.Pd
SMP VETERAN 1 MANYARAN
WONOGIRI
2
SUSANTO,S.Pd
SMP NEGERI 1 MANYARAN
WONOGIRI
3
Drs.SUBAGYO
SMP NEGERI 3 SELOGIRI
WONOGIRI
4
SRI ARTANTI,S.Pd
SMP NEGERI 1 MANYARAN
WONOGIRI
5
SUMBOGO,S.Pd
SMP NEGERI 1 MANYARAN
WONOGIRI
6
WIDOYO,S.Pd
SMP NEGERI 2 MANYARAN
WONOGIRI
7
DWI WAHYUNI,S.Pd
SMP GAJAH MUNGKUR 1 MANYARAN
WONOGIRI
8
RITA KARYANI,S.Pd
SMP NEGERI 1 MANYARAN
WONOGIRI
9
MULYANI,S.Pd
SMP NEGERI 1 WURYANTORO
WONOGIRI
10
SRI SUDARMI,S.Pd
SMP NEGERI 1 EROMOKO
WONOGIRI
Fasilitator,
Sapto Budi Hendrotanoyo,S.Pd
NIP. 19670607 199003 1 013 




Lampiran 2. PenilaianSikap



Lampiran 3. PenilaianKeterampilan




Lampiran 4. Rekapitulasi Laporan Ketuntasan Belajar Peserta


NO
Nama Peserta
Ketuntasan belajar
Nilai Sikap
Nilai Keterampilan
Nilai Tes Akhir
Nilai Akhir
Ya
tidak
1.
WARYANA,S.Pd
Ѵ

92
90


2.
SUSANTO,S.Pd
Ѵ

94
90.3


3.
Drs.SUBAGYO
Ѵ

96
93.74


4.
SRI ARTANTI,S.Pd
Ѵ

94
90


5.
SUMBOGO,S.Pd
Ѵ

92
90


6.
WIDOYO,S.Pd
Ѵ

94
90


7.
DWI WAHYUNI,S.Pd
Ѵ

94
90


8.
RITA KARYANI,S.Pd
Ѵ

96
93.04


9.
MULYANI,S.Pd
Ѵ

94
90


10.
SRI SUDARMI,S.Pd
Ѵ

91
90




Fasilitator,
Sapto Budi Hendrotanoyo,S.Pd
NIP. 19670607 199003 1 013 



Lampiran 5. Dokumentasi foto pada saat kegiatan In


















Lampiran 6. Grafik Rerata Nilai Evaluasi Penyelenggaraan


 

Lampiran 7. Rerata Nilai Evaluasi Fasilitator































Tidak ada komentar:

Posting Komentar