Selasa, 05 Januari 2021

 

RANCANGAN MATERI DAN PENILAIAN PADA SEMESTER GENAP

 



Mata Pelajaran          : IPS   

Satuan Pendidikan      : SMP NEGERI 2 MANYARAN

Kelas / Semester         : VII/Genap

Tahun Pelajaran         : 2020/2021

 

Kompetensi Inti :

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Nilai Karakter

Indikator

Penilaian

3.3        Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang  sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.

1.3        Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia

1.      Konsep kebutuhan dan kelangkaan (motif, prinsip, dan tindakan ekonomi).

2.      Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi) kaitannya denganperkembangan iptek.

3.      Permintaan, penawaran, harga, dan pasar.

4.      Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia.

5.      Hubungan antara kelangkaan, permintaan-penawaran, dan harga untuk mewujudkankesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia.

 

1.      Religius

2.      Mandiri

3.      Gotong royong

4.      Kejujuran

5.      Kerja keras

6.      Percaya diri

7.      Kerjasama

 

3.3.1Menjelaskan konsep kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia.

3.3.2Menjelaskan janis-jenis kebutuhan manusia

3.3.3. Menjelaskan pengertian tindakan, motif dan prinsip ekonomi

3.3.4Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi.

3.3.5. Menjelaskan pengertian kegiatan produksi.

3.3.6  .Menjelaskan pengertian kegiatan distribusi.

3.3.7 . Menjelaskan pengertian kegiatan konsumsi.

3.3.8 . Menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran pasar dan harga.

3.3.9   .Menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat.

3.3.10 . Menjelaskan peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi.

3.3.11 . Menjelaskan peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia.

3.3.12 . Menjelaskan hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk  meningkatkan kesejahteraan manusia

4.3.1   .Menyajikan laporan hasil observasi tentang kehidupan ekonomi masyarakat kota dan desa.

4.3.2  .Menyajikan hasil diskusi kelompok mengenai kaitan antara kegiatan produksi distribusi dan konsumsi dan kegiatan mana yang lebih penting..

4.3.3 . Menyajikan hasil pengamatan pasar tentang barang dan jasa yang diperjualbelikan. Harga-harga barang yang ada di pasarBarang dagangan yang paling banyakdibeli, Omzet penjualan per hari.

4.3.4. Menyajikan hubungan antara kelangkaan, permintaan-penawaran, dan harga untuk mewujudkankesejahteraan dan persatuan bangsa Indonesia.

1.   Lisan

2.   Tertulis

3.   Penugasan

4.   Portofolio

 

3.4        Memahami kronologi perubahan, dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

4.4        Menguraikan kronologi perubahan, dan kesinambungan  dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam.

 

1.   Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa praaksara secara kronologis.

2.   Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Hindu Buddha  secara kronologis.

3.   Perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Islam secara kronologis.

 

1. Religius

2. Mandiri

3. Gotong royong

4. Kejujuran

5. Kerja keras

6. Percaya diri

7. Kerjasama

3.4.1        Menjelaskanpengertianmasapraaksara.

3.4.2        Mendeskripsikanperiodesasimasaprakasara di bumi

3.4.3        Mendeskripsikanperiodesasimasapraaksara di Indonesia

3.4.4        Mendeskripsikanmasuknyaasal-usulnenekmoyangbangsa Indonesia

3.4.5        Mendeskripsikannilai-nilaibudayamasyarakat Indonesia padamasapraaksara.

3.4.6        Mendeskripsikan proses masuknyabudayahindu-Budhake Indonesia.

3.4.7        Mendeskripsikanperkembanganmasyarakat Indonesia padamasa Hindu-Buddha.

3.4.8        Mendeskripsikanmasuknya agama islamkeindonsia

3.4.9        Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia padamasa Islam.

4.4.1        Menyajikanhasildiskusimengenaiciri-ciriperiodesasiperkembanganbumisecarageologis.

4.4.2      Menyajikanhasildiskusimengenaiperkembanganperiodesasimasapraaksaraberdasarkanarkeologis


4.4. Menyajikanhasildiskusimengenaiciri-ciriperkambanganmanusiaprakasaradariaspek social ekonomidanbudaya.

4.4.4.Menyajikankesamaannilai-nilaibudayadantradisimasyarakat di sekitardengantradisimasyarakatpraaksara Indonesia.

4.4.5Menyajikanhasillpengamatanmengenaipengaruhbudaya Hindu-Budha yang ada di sekitar .

4.4.6Membuatlaporanmengenaipeninggalanbudaya Hindu-Budha di Indonesia.

4.4.7. Menyajikanlaporanhasildiskusikelompokmengenaiteorimana yang paling kuatmengenaiproses masuknya agama islamke Indonesia.

4.4.8Menyajikanhasildiskusimengenaipengaruhkebudayaanislam di indonesia

1.   Lisan

2.   Tertuli

3.   Penugasan

4.   Portofolio

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar