RANCANGAN MATERI
DAN PENILAIAN PADA SEMESTER GENAP
Mata
Pelajaran : IPS
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 2 MANYARAN
Kelas /
Semester : VII/Genap
Tahun
Pelajaran : 2020/2021
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Nilai Karakter |
Indikator |
Penilaian |
3.3
Memahami konsep interaksi
antara manusia dengan ruang sehingga
menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi,
permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan
kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia. 1.3
Menjelaskan hasil analisis
tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan
berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan
penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi,
sosial, dan budaya Indonesia |
1.
Konsep kebutuhan dan kelangkaan
(motif, prinsip, dan tindakan ekonomi). 2. Kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi)
kaitannya denganperkembangan iptek. 3. Permintaan, penawaran, harga, dan pasar. 4. Peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi
Indonesia. 5.
Hubungan antara kelangkaan,
permintaan-penawaran, dan harga untuk mewujudkankesejahteraan dan persatuan
bangsa Indonesia. |
1. Religius 2. Mandiri 3. Gotong royong 4. Kejujuran 5. Kerja keras 6. Percaya diri 7. Kerjasama |
3.3.1. Menjelaskan konsep kelangkaan sebagai permasalahan
ekonomi manusia. 3.3.2. Menjelaskan janis-jenis kebutuhan manusia 3.3.3. Menjelaskan pengertian tindakan, motif dan prinsip
ekonomi 3.3.4. Menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan
prinsip ekonomi. 3.3.5. Menjelaskan pengertian kegiatan produksi. 3.3.6 .Menjelaskan pengertian kegiatan distribusi. 3.3.7 . Menjelaskan pengertian kegiatan konsumsi. 3.3.8 . Menjelaskan
kaitan antara permintaan, penawaran pasar dan
harga. 3.3.9 .Menjelaskan
peran pasar bagi kehidupan masyarakat. 3.3.10 . Menjelaskan
peran IPTEK dalam kegiatan ekonomi. 3.3.11 . Menjelaskan
peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia. 3.3.12 . Menjelaskan
hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk meningkatkan kesejahteraan manusia 4.3.1 .Menyajikan laporan hasil observasi tentang kehidupan
ekonomi masyarakat kota dan desa. 4.3.2 .Menyajikan hasil diskusi kelompok mengenai kaitan
antara kegiatan produksi distribusi dan konsumsi dan kegiatan mana yang lebih
penting.. 4.3.3 . Menyajikan hasil pengamatan pasar tentang barang dan
jasa yang diperjualbelikan. Harga-harga
barang yang ada di pasarBarang dagangan yang paling banyakdibeli, Omzet penjualan per hari. 4.3.4. Menyajikan hubungan antara kelangkaan,
permintaan-penawaran, dan harga untuk mewujudkankesejahteraan dan persatuan
bangsa Indonesia. |
1. Lisan 2. Tertulis 3. Penugasan 4. Portofolio |
3.4
Memahami kronologi perubahan,
dan kesinambungan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik,
sosial, budaya, geografis, dan pendidikan sejak masa praaksara sampai masa
Hindu-Buddha dan Islam. 4.4
Menguraikan kronologi
perubahan, dan kesinambungan dalam
kehidupan bangsa Indonesia pada aspek politik, sosial, budaya, geografis, dan
pendidikan sejak masa praaksara sampai masa Hindu-Buddha dan Islam. |
1.
Perubahan dan kesinambungan
masyarakat Indonesia pada masa praaksara secara kronologis. 2.
Perubahan dan kesinambungan
masyarakat Indonesia pada masa Hindu Buddha
secara kronologis. 3.
Perubahan dan kesinambungan
masyarakat Indonesia pada masa Islam secara kronologis. |
1. Religius 2. Mandiri 3. Gotong royong 4. Kejujuran 5. Kerja keras 6. Percaya diri 7. Kerjasama |
3.4.1
Menjelaskanpengertianmasapraaksara. 3.4.2
Mendeskripsikanperiodesasimasaprakasara
di bumi 3.4.3
Mendeskripsikanperiodesasimasapraaksara
di Indonesia 3.4.4
Mendeskripsikanmasuknyaasal-usulnenekmoyangbangsa
Indonesia 3.4.5
Mendeskripsikannilai-nilaibudayamasyarakat
Indonesia padamasapraaksara. 3.4.6
Mendeskripsikan proses
masuknyabudayahindu-Budhake Indonesia. 3.4.7
Mendeskripsikanperkembanganmasyarakat
Indonesia padamasa Hindu-Buddha. 3.4.8
Mendeskripsikanmasuknya agama
islamkeindonsia 3.4.9
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat Indonesia padamasa
Islam. 4.4.1
Menyajikanhasildiskusimengenaiciri-ciriperiodesasiperkembanganbumisecarageologis. 4.4.2 Menyajikanhasildiskusimengenaiperkembanganperiodesasimasapraaksaraberdasarkanarkeologis 4.4. Menyajikanhasildiskusimengenaiciri-ciriperkambanganmanusiaprakasaradariaspek
social ekonomidanbudaya. 4.4.4.Menyajikankesamaannilai-nilaibudayadantradisimasyarakat
di sekitardengantradisimasyarakatpraaksara Indonesia. 4.4.5. Menyajikanhasillpengamatanmengenaipengaruhbudaya
Hindu-Budha yang ada di sekitar . 4.4.6. Membuatlaporanmengenaipeninggalanbudaya
Hindu-Budha di Indonesia. 4.4.7. Menyajikanlaporanhasildiskusikelompokmengenaiteorimana
yang paling kuatmengenaiproses masuknya agama islamke Indonesia. 4.4.8. Menyajikanhasildiskusimengenaipengaruhkebudayaanislam
di indonesia |
1. Lisan 2. Tertuli 3. Penugasan 4. Portofolio |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar