Selasa, 30 Januari 2018

KISI - KISI USBN 2016 / 2017



KISI-KISI PENULISAN SOAL

Jenis Sekolah
: SMP FOGOPSI
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kurikulum
: K - 13
Alokasi Waktu
: 120 menit
Jumlah Soal
: 45
Bentuk Soal
: Pilihan Ganda dan Uraian
Tahun Ajaran
: 2016/2017

No
Kompetensi pada Bluprint
Kompetensi Dasar
Kls/ Smt
Materi
IndikatorSoal
Level
Kognitif
No. Soal
Bentuk Soal
1.
ASPEK KERUANGAN DAN KONEKTIVITAS ANTAR RUANG DAN WAKTU

Ø PengetahuandanPemahaman
Pesertadidikmampumemahamidanmenguasaiaspekkeruangandankonektivitasantarruangdanwaktudalamaspek regional: letak Indonesia, geologis, pengelolaansumberdayaalam, kondisigeografisdenganaktivitasmanusia,bentukmukabumi, sumberdayaalam, peta, iklim, asiatenggara, Negara maju/berkembang.
3.1 Memahamiaspekkeruangandankonektivitasantarruangdanwaktudalamlingkup regional sertaperubahandankeberlanjutankehidupanmanusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, danpolitik).

VII/1
Letak Geografis
Disajikangambar letak Indonesia,pesertadidikdapatmenunjukkan akibat letak geografis Indonesiadenganbenar

Pengetahuan dan Pemahaman
1
PG
Letak Astronomis
Disajikan petapenggolongan flora dan fauna Indonesia menurut Alfred Russel  Wallacea dan Max Wilhelm Carl Weber, pesertadidik dapat menentukan fauna yang ada di wilayah tersebut (A, B, C) dengan benar

Pengetahuan dan Pemahaman
2
PG
BentukMukaBumidanAktivitasPenduduk Indonesia
Disajikan ilustrasi tentang keadaan suatu wilayah, pesertadidik dapat menyimpulkan bentuk relief muka bumiwilayah tersebut denganbenar

Penalaran
3
PG
3.1 Memahamiaspekkeruangandankonektivitasantarruangdanwaktudalamlingkupnasionalsertaperubahandankeberlanjutankehidupanmanusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikandanpolitik).
VIII/1
Keunggulan Geostrategis di Indonesia

Pesertadidik dapat menjelaskan denganbenarpengaruh letak geostrategis bagi aktivitas penduduk Indonesia
Pengetahuan dan Pemahaman
4
PG






2.














3.
Ø Aplikasi
Pesertadidikmampumenentukanpenyelesaianaspekkeruangandankonektivitasantarruangdanwaktudalamaspeknasional: letak Indonesia, pengelolaansumberdayaalam, kondisigeografisdenganaktivitasmanusia,bentukmukabumi, sumberdayaalam, peta, iklim, asiatenggara, negaramaju/berkembang.


Ø Penalaran
Pesertadidikmampumenganalisistentangaspekkeruangandankonektivitasantarruangdanwaktudalamaspek Nusantara: letak Indonesia, pengelolaansumberdayaalam, kondisigeografisdenganaktivitasmanusia,bentukmukabumi, sumberdayaalam, peta, iklim, asiatenggara, negaramaju/berkembang.
3.1 Memahamiaspekkeruangandankonektivitasantarruangdanwaktudalamlingkupnasionalsertaperubahandankeberlanjutankehidupanmanusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikandanpolitik).
VIII/1
Komposisi penduduk
Disajikan gambar piramida penduduk, peserta didik dapat menginterpretasikan gambar piramida dengan keadaan penduduk di lapangan dengan tepat

Aplikasi
5
PG

Dari Pusat


6
PG
VIII/2
Peran SDA dalam Kehidupan Manusia

Peserta didik dapat memprediksi dengan tepat pemanfaatan sumber daya alam disekitarnya.
Aplikasi
7
PG
Dari Pusat


8
PG
Potensi sumber daya hutan
Disajikan wacana tentang hutan, peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi hutan dengan benar

Pengetahuan dan Pemahaman
9
PG
3.1 Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

IX/1
Tenaga Kerja Indonesia




Karakteristik negara maju
Disajikan  tabel karakteristik suatu negara, peserta didik dapat menentukan karakteristik negara maju dan berkembang dengan benar.

Aplikasi
10
PG
Persebaran negara maju dan negara berkembang

Disajikan peta benua Eropa, peserta didik dapat menunjukkan persebaran negara maju dan berkembang dengan tepat.
Pengetahuan dan Pemahaman
11
PG
Dari Pusat

34
PG
Contoh negara maju
Peserta didik dapat menganalisis dengan benar alasan Jepang dapat menjadi salah satu negara maju di dunia.


Penalaran
42
Uraian
4.
KELEMBAGAAN SOSIAL DAN DINAMIKA INTERAKSI MANUSIA

Ø PengetahuandanPemahaman
Pesertadidikmampumemahamidanmenguasai:
-   penduduk
-   proses sosial
-   bentuk-bentukinteraksi sosial
-   perubahan sosial
-   penyimpangan sosial
-   keragamansosialdanbudaya
-   lingkunganhidupdanpembangunanberkelanjutan
-   fungsidanperanlembagasosial
3.3 Memahamijenis-jeniskelembagaansosial, budaya, ekonomidanpolitikdalammasyarakat

VII/1
Komposisi penduduk berdasarkan wilayah geografis desa dan kota

Disajikan tabel  tentang masyarakat desa dan kota, peserta didik dapat menjelaskan aspek masyarakat desa dan kota dengan benar.
Pengetahuan dan Pemahaman
12
PG
Jenis lembaga sosial
Disajikan gambar contoh lembaga sosial, peserta didik dapat menunjukkan nama jenis lembaga sosial yang dicontohkan pada gambar tersebut dengan tepat.

Pengetahuan dan Pemahaman
13
PG
3.3 Mendeskripsikanfungsidanperankelembagaansosial, budaya, ekonomidanpolitikdalammasyarakat

VIII/1
PersebarandanMigrasiPenduduk
Peserta didik dapat mengidentifikasi 5 (lima) faktor penyebab penduduk desa melaksanakan urbanisasi dengan benar.

Pengetahuan dan Pemahaman
43
Uraian

3.1 Menerapkanaspekkeruangandankonektivitasantarruangdanwaktudalammewujudkankesatuanwilayah Nusantara yang mencakupperubahandankeberlanjutankehidupanmanusia (ekonomi, sosial,budaya, pendidikandanpolitik)


VIII/2
Fungsi dan perankelembagaan


Dari pusat


16

PG
5.

















6.
Ø Aplikasi
Pesertadidikmampumenentukanpenyelesaianpermasalahan:
-   penduduk
-   proses sosial
-   bentuk-bentukinteraksisosial
-   perubahan sosial
-   penyimpangan sosial
-   lingkunganhidupdanpembangunanberkelanjutan





Ø Penalaran
Pesertadidikmampumenganalisistentang:
-   penduduk
-   proses sosial
-   bentuk-bentuk interaksi sosial
-   perubahansosial
-   penyimpangansosial
-   lingkunganhidupdanpembangunanberkelanjutan


3.3 Membandingkanmanfaatkelembagaansosial, budaya, ekonomidanpolitikdalammasyarakatbagikehidupanberbangsadanbernegara
IX/1
Menghitung jumlah dan kepadatan penduduk

Disajikan tabel luas wilayah dan kepadatan penduduk 4 (empat) provinsi di Indonesia, peserta didik dapat menghitung provinsi yang mempunyai jumlah penduduk terbesar dengan tepat.

Aplikasi
18
PG






3.4 Membandingkanlandasandaridinamikainteraksimanusiadenganlingkunganalam, sosial, budaya, danekonomi.
IX/2
Faktorpendorongterjadinyaperubahansosialbudaya

Disajikan kisah motivasi, peserta didik dapat menganalisis faktor yang mendorongterjadinyaperubahansosialbudaya seperti yang ada pada wacana secara benar.

Penalaran
25
PG
Penyimpangan sosial






3.4 Membandingkanlandasandaridinamikainteraksimanusiadenganlingkunganalam, sosial, budaya, danekonomi.

IX/2
Proses pewarisan budaya
Disajikan cerita tentang kegiatan seseorang dalam proses pewarisan budaya, peserta didik dapat menentukan agen pewarisan budaya yang berperan dengan benar.

Aplikasi
31
PG
7.
PERKEMBANGAN MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN PEMERINTAHAN SEJAK PRA-AKSARA SAMPAI DENGAN MEMPERTAHANKAN NKRI

Ø Pengetahuan dan Pemahaman
Pesertadidikmampumemahamikehidupansosial, ekonomi, budayamasyarakatpra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam sertapeninggalannya, masakolonialisme, masapergerakandanpembangunannasional, persiapanproklamasi, kehidupansosial, ekonomi, politik, budayasetelahproklamasikemerdekaan
3.2 Memahamiperubahanmasyarakat Indonesia padamasapraaksara, masahinduBuddhadanmasa Islam dalamgeografis, ekonomi, budaya, pendidikan, danpolitik.

VII/1
Hasil kebudayaan pada masa pra-aksara

Disajikan ilustrasi tentang kehidupan pada masa pra-aksara, peserta didik dapat menunjukkan  hasil kebudayaan pada masa tersebut (masa berburu, masa bercocok tanam, masa perundagian) dengan benar.

Pengetahuan dan Pemahaman
20
PG
Sebab masuknya kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia

Peserta didik dapat menjelaskan dengan benar alasanagama Hindu dan Buddha dapatmasuk dari India ke Indonesia.
Pengetahuan dan Pemahaman
21
PG
3.2 Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.

VIII/1
Pengaruh Kebijakan Pemerintah Kolonial terhadap bangsa Indonesia
Peserta didik dapat menyimpulkan pelaksanaan sistem tanam paksa yang diterapkan oleh Van den Bosch dengan benar.
Penalaran
22
PG
Dari Pusat

14
PG
Dari Pusat

15
PG
Dari Pusat

19
PG
3.3 Mendeskripsikanfungsidanperankelembagaansosial, budaya, ekonomidanpolitikdalammasyarakat

VIII/I
Organisasi Pergerakan Nasional di Indonesia

Disajikan gambar tokoh perjuangan dan cerita tentang organisasi yang didirikan, peserta didik dapat menyebutkan nama organisasi yang didirikan oleh tokoh tersebut dengan tepat.

Pengetahuan dan Pemahaman
23
PG
8.
















9.
Ø Aplikasi
Pesertadidikmampumengaplikasikanpengetahuandanpemahamantentangkehidupansosial, ekonomi, budaya, politikmasapra-aksara, Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme, masapergerakandanpembangunannasional, persiapanproklamasi, kehidupansosial, ekonomi, politik, budayasetelahproklamasikemerdekaan


Ø Penalaran
Pesertadidikmampumenggunakannalardalammengkajikonsep-konsepkehidupansosial, ekonomi, budaya, danpolitikmasapra-aksara, masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme,masapergerakandanpembangunannasional, persiapanproklamasi, kehidupansosial, ekonomi, politik, budayasetelahproklamasikemerdekaan
3.3 Mendeskripsikanfungsidanperankelembagaansosial, budaya, ekonomidanpolitikdalammasyarakat

VIII/2
Proklamasi Indonesia
Disajikan tabel tentang nama tokoh yang terlibat dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan, peserta didik dapat menentukan kolom yang berisi nama tokoh perumusteksproklamasi dengan tepat.

Pengetahuan dan Pemahaman
26
PG
3.3 Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara

IX/1
Perkembangan politik pada masa Reformasi

Disajikan gambar peristiwa yang terjadi akibat perkembangan politik, peserta didik dapat menganalisa peristiwa politik yang terjadi secara benar.

Penalaran
27
PG
Perkembangan Ekonomi pada masa demokrasi liberal
Disajikan salah satu cara yang ditempuhpemerintahdalammengatasimasalahperekonomianpadamasademokrasi liberal, peserta didikdapat menentukan nama kebijakan yang diambil tersebut dengan tepat.

Pengetahuan dan Pemahaman
28
PG
Perkembangan Budaya pada masa Reformasi
Disajikan tabel berisi 6 (enam) contoh warisan budaya Indonesia, peserta didik dapat menentukan 3 (tiga) warisanbudaya Indonesia yang telahdiakuioleh PBB melalui UNESCO dengan tepat.

Aplikasi
29
PG
3.2 Menelaah perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik dalam wawasan kebangsaan.

IX/2
Kehidupan Politik setelah kemerdekaan
Peserta didik dapat memprediksi dengan tepat penyebab terjadinya perlawanan fisik dalam upaya mempertahankan kemerdekaan.

Aplikasi
30
PG
Dari Pusat

41
Uraian

3.4 Membandingkan landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

IX/2
Modernisasi di bidang Komunikasi
Peserta didik dapat menganalisis secara benar  alasan penemuan smart phone dikatakan sebagai bentuk modernisasi.

Penalaran
44
Uraian
10.
KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI INTERNASIONAL

Ø PengetahuandanPemahaman
Peserta didik mampu memahami dan menguasai tentang:
- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
- Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
- Badan-badan Kerjasama internasional/ regional
- Kegiatan ekspor dan impor
- Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
- Uang dan lembaga keuangan


3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik).

VII/1
Macam-macam kebutuhan manusia
Dari pusat


17
PG
3.4 Memahami pengertian dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

VII/2
Kegiatan ekonomi
Disajikan ilustrasi tentang kegiatan produksi, peserta didik dapat menunjukkan contoh jenis kegiatan produksi menurut bidang usahanya dengan benar.

Aplikasi
33
PG



3.3 Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara

IX/2
Latar belakang kerjasama bidang politik

Peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar 3 (tiga)  persamaan di antara negara-negara Asia Tenggara yang melatarbelakangi berdirinya ASEAN.

Pemahaman
35
PG
11.




















Ø Aplikasi
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang:
- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
- Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- Kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia
- Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
- Sistem ekonomi dan pajak
- Badan-badan Kerjasama internasional/ regional
- Penerapan pajak dalam kehidupan sehari-hari-hari berdasarkan data
- Peranan pemerintah dalam upaya menanggulangi ketenaga kerjaan
- Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
- Uang dan lembaga keuangan


3.3 Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara
IX/2
Lembaga kerja sama ekonomi antarnegara
Disajikan ilustrasi dan daftar lembaga kerja sama antarnegara, peserta didik dapat menunjukkan 3 (tiga) organisasi kerjasama ekonomi regional yang diikuti oleh Indonesia dengan tepat.


Pemahaman
36
PG
3.3 Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara

IX/2
Lembaga keuangan bukan Bank (LKBB)
Disajikan ilustrasi tentang kegiatan seseorang dalam menyelesaikan masalah keuangan, peserta didik dapat memprediksi lembaga keuangan bukan bank untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan tepat.

Penalaran
37
PG
Dari Pusat


24
PG
Perhitungan nilai tukar Dollar dengan Rupiah
Disajikan ilustrasi tentang seseorang yang menukarkan mata uang asing, peserta didik dapat menghitung besarnya Rupiah yang diterima dengan tepat.

Aplikasi
38
PG
Faktorpendorong perdagangan internasional
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan faktor yang mendorong terjadinyaperdagangan internasional dengan benar.

Aplikasi
39
PG
Kebijakan
Ekspor -impor
Peserta didik dapat memahami dengan benar dampak kebijakanyang dikeluarkan pemerintah terhadap produksi dalam negeri.


Pemahaman
40
PG





Dari Pusat


32
PG
12.
Ø Penalaran
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam memecahkan masalah tentang:
- Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- Uang dan lembaga keuangan

3.3 Membandingkan manfaat kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara

IX/2
Kontribusi kerja sama antarnegara bidang ekonomi terhadap bangsa Indonesia
Peserta didik dapat mendeskripsikan 3 (tiga) kontribusi keikutsertaan Indonesia dalam kerja sama antarnegara secara benar.

Pemahaman
45
Uraian
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar