SMP NEGERI 2 MANYARAN KABUPATEN WONOGIRI |
_______________________________________________________________
KODE ETIK GURU INDONESIA
1. Guru
berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangun yang
berjiwa Pancasila.
2. Guru
memiliki kejujuran Profesional dalam menerapkan Kurikulum sesuai dengan
kebutuhan anak didik masing-masing.
3. Guru
mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik,
tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
4. Guru
menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua
murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
5. Guru
memelihara hubungan dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat
yang luas untuk kepentingan pendidikan.
6. Guru
secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan
meningkatkan mutu Profesinya.
7. Guru
menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru baik berdasarkan
lingkungan maupun didalamhubungan keseluruhan.
8. Guru
bersama-sama memelihara membina dan meningkatkan mutu Organisasi Guru
Profesional sebagai sarana pengabdiannya.
9. Guru
melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan Pemerintah dalam
bidang Pendidikan.
1. Kami
Guru Indonesia, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa
2. Kami
Guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita dan Proklamasi
Kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada
UUD’45
3. Kami
Guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa.
4. Kami
Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru
Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak
kekeluargaan.
5. Kami
Guru Indonesia, menjunjung tinggi kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman
tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap Bangsa, Negara serta
kemanusiaan.
TATA TERTIB GURU
1.
Berkewajiban datang dan pulang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang
telah ditentukan
2.
Berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia
pembangunan yang pancasila.
3.
Memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan
kebutuhan anak didik masing-masing.
4.
Mengadakan komunikasi tertutama dalam memperoleh informasi tentang anak
didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
5.
Menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan
orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
6.
Memelihara hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun
masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
7.
Secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha mengembangkan dan
meningkatkan mutu profesinya.
8.
Menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru, baik berdasarkan
lingkungan kerja, maupun dalam hubungan keseluruhan.
9.
Secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan mutu organisasi
guru profesional sebagai sarana pengabdian.
Melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan pemerintah dalam
bidang pendidikan.
10.
Memberikan teladan dan menjaga nama baik lembaga dan profesi.
11.
Meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan
sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
12.
Memotivasi peserta didik dalam memanfaatkan waktu untuk belajar diluar
jam sekolah.
13.
Memberikan keteladanan dalam meciptakan budaya membaca, budaya belajar
dan budaya bersih.
14.
Bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis
kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu atau latar belakang keluarga
dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.
15.
Mentaati tata tertib dan peraturan perundang-undangan, kode etik guru
serta nilai-nilai agama dan etika.
16.
Berpakaian yang menutup aurat bagi yang beragama Islam dan sesuai norma
sosial masyarakat/norma kepatuhan bagi yang beragama lain.
17.
Merokok selama berada di lingkungan satuan pendidikan.
Pengembangan
karakter peserta didik dapat dilakukan dengan membiasakan perilaku positif
tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan merupakan proses pembentukan
sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses
pembelajaran yang berulang-ulang, baik dilakukan secara bersama-sama ataupun
sendiri-sendiri. Hal tersebut juga akan menghasilkan suatu kompetensi.
Pengembangan karakter melalui pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal
atau tidak terjadwal baik di dalam maupun di luar kelas. Kegiatan pembiasaan di
sekolah terdiri atas Kegiatan Rutin, Spontan, Terprogram dan Keteladanan.
1. Kegiatan Rutin
Kegiatan rutin
adalah kegiatan yang dilakukan secara reguler dan terus menerus di sekolah.
Tujuannya untuk membiasakan siswa melakukan sesuatu dengan baik. Kegiatan
pembiasaan yang termasuk kegiatan rutin adalah sebagai berikut :
1) Berdoa sebelum memulai kegiatan
Kegiatan ini
bertujuan untuk membiasakan peserta didik berdoa sebelum memulia segala
aktifitas. Kegiatan dilaksanakan setiap pagi secara terpusat dari ruang
informasi dimana pada setiap pagi dengan petugas yang terjadwal.
2) Hormat Bendera Merah Putih
Kegiatan ini
bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan bangga sebagai bangsa pada
peserta didik. Bendera Merah Putih telah dipasang di masing – masing kelas dan
aba – aba dipimpin oleh petugas yang terjadwal.
3) Sholat Dhuhur Berjamaah
4) Berdoa di akhir pelajaran
5) Infaq Siswa
6) Kebersihan Kelas
2. Kegiatan Spontan
Kegiatan spontan adalah kegiatan yang dapat
dilakukan tanpa dibatasi oleh waktu, tempat dan ruang. Hal ini bertujuan
memberikan pendidikan secara spontan, terutama dalam membiasakan bersikap sopan
santun, dan sikap terpuji lainnya. Contoh:
1) Membiasakan mengucapkan salam dan
bersalaman kepada guru, karyawan dan sesama siswa
2) Membiasakan bersikap sopan santun
3) Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
4) Membiasakan antre
5) Membiasakan menghargai pendapat orang lain
7) Membiasakan menolong atau membantu orang
lain
8) Membiasakan menyalurkan aspirasi melalui
media yang ada di sekolah, seperti Majalah Dinding dan Kotak Curhat BK.
9) Membiasakan konsultasi kepada guru
pembimbing dan atau guru lain sesuai kebutuhan.
3. Kegiatan
Terprogram
Kegiatan Terprogram
ialah kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap disesuaikan dengan kalender
pendidikan atau jadwal yang telah ditetapkan. Membiasakan kegiatan ini artinya
membiasakan siswa dan personil sekolah aktif dalam melaksanakan kegiatan
sekolah sesuai dengan kemampuan dan bidang masing-masing.
Contoh :
1) Kegiatan Class Meeting
2) Kegiatan memperingati hari-hari besar
nasional
3) Kegiatan Karyawisata
4) Kegiatan Kemah Akhir Tahun Pelajaran (KATP)
5) Kegiatan rutin pembiasaan
6)
Kegiatan ini dilakukan setiap hari sekolah sebelum
pembelajaran dimulai.Tujuannya adalah untuk membiasakan diri dan meningkatkan
kedisiplinan siswa.Kegiatan ini telah terjadwal sebagai berikut :
Hari Senin (Upacara
bendera)
Hari Selasa (Selasa membaca)
|
Hari Rabu
|
(Religius)
|
|
Hari Kamis
|
(English and Java Day)
|
|
Hari Jumat
|
( Senam Pagi)
|
|
Hari Sabtu
|
(Sabtu Bersih)
|
4. Kegiatan Keteladanan
Kegiatan
Keteladanan, yaitu kegiatan
dalam bentuk perilaku
sehari-hari yang dapat
dijadikan contoh
Contoh:
1) Membiasakan berpakaian rapi
2) Mebiasakan datang tepat waktu
3) Membiasakan berbahasa dengan baik
4) Membiasakan rajin membaca
5) Membiasakan bersikap ramah
JURNAL AGENDA GURU
Buku Agenda Guru ini disisi setiap
hari mengajar, bila berhalangan mengajar atau terlambat datang supaya tetap
diisi, dijelaskan sebab berhalangan atau terlambat datang. Sekali sebulan
Agenda Guru ini diserahkan kepada Kepala Sekolah dan ditulis tanggapan oleh
Kepala Sekolah.
Diharapkan guru yang memegang Buku
Agenda Guru ini dapat kiranya sebagai pendidik yang ikut membentuk manusia profesional.
HARI /TGL
|
JAM KE
|
KELAS
|
NO KI/KD
|
POKOK BAHASAN/
MATERI
/PH/PTS/PAS
|
X
|
Y
|
SELESAI/BELUM SELESAI
ALASAN
|
ABSENSI
SISWA
|
KET
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : X :
Banyaknya pertemuan
Y : Pertemuan Ke
JAM KE
|
KELAS
|
NO KI/KD
|
POKOK BAHASAN/
MATERI
/PH/PTS/PAS
|
X
|
Y
|
SELESAI/BELUM SELESAI
ALASAN
|
ABSENSI
SISWA
|
KET
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : X :
Banyaknya pertemuan
|
|
|
Y : Pertemuan Ke
|
|
|
Mengetahui
|
.................., 16 Juli
|
2018
|
Kepala SMP ..................
|
Guru Mata Pelajaran
|
|
..................
Sapto Budi
Hendrotanoyo,S.Pd
NIP................... NIP.19670607 199003 1
013
CATATAN
KEPALA SEKOLAH
NO
|
TANGGAL
|
KESAN KEPALA SEKOLAH
|
PARAF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar