RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ....................................................
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Smt : VII/Satu
Materi Pokok : Letak dan luas wilayah Indonesia
Alokasi Waktu : 1
Pertemuan (2JP)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Memahami
konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi,iklim,bentuk muka bumi, geologis,
flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap
kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
3.1.1 Menemukan letak astronomis Indonesia
3.1.2 Menjelaskan pengaruh letak astronomis
Indonesia
3.1.3 Menemukan letak geografis Indonesia
3.1.4 Menjelaskan pengaruh letak geografis
Indonesia
3.1.5 Menemukan batas-batas wilayah Indonesia
|
4.1 Menyajikan hasil telaah konsep ruang
(lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan
fauna) dan interaksi antarruang Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupanmanusia
Indonesia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.
|
4.1.1 Mempresentasikan
materi hasil diskusi tentang letak dan luas wilayah Indonesia
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan membaca,pengamatan peta dan diskusi peserta didik dapat menemukan
letak astronomis Indonesia dengan tepat.
2.
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan
pengaruh letak astronomis Indonesia dengan benar.
3.
Melalui kegiatan membaca, pengamatan peta dan diskusi,
peserta didik dapat menemukan letak geografis Indonesia dengan tepat.
4.
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan
pengaruh letak geografis Indonesia dengan benar.
5.
Melalui kegiatan pengamatan peta dan diskusi, peserta didik
dapat menemukan batas-batas wilayah Indonesia dengan benar.
Fokus Penguatan Karakter
Sikap Spritual : bersyukur atas ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
Sikap Sosial : kejujuran, kedisiplinan,
kerjasama, kepedulian, toleransi,kepercayaandiri,cinta tanah air
D.
MateriPembelajaran
1. MateriPembelajaranReguler
Letak dan luas wilayah Indonesia
2. MateriPembelajaranPengayaan
Diberikan materi tambahan tentang Zona Ekonomi Eksklusif untuk
menambah pengetahuan peserta didik
3.MateriPembelajaranRemidial
Pembelajaran ulang dan diberikan soal-soal yang terkait dengan materi.
E.
Metode
1. pendekatan :
Saintifik
2. Metode :
tanya jawab dan diskusi
3. Model
:
Inquiry - Discovery Learning
F.
Media
danBahan
1. Media
a. Gambar peta Indonesia dan peta dunia
b. LCD
Proyektordan laptop tayangan slide Power point
(ppt) yang telahdisiapkan
2. Bahan: kertas lembar kerja untuk menuliskan hasil diskusi
G.
SumberBelajar
:
Kemendikbud.
2016. Buku Guru IPS Kelas VII Edisi Revisi. Jakarta:Kemendikbud: 57-61
Kemendikbud.2016. BukuSiswa IPS Kelas VII EdisiRevisi.Jakarta
:Kemendikbud: 7-16
Materipelajaranips.blogspot.com/2016/03/letak-luas-wilayah-batas-wilayah.html.
http://catatananaksmpbiasa.blogspot.co.id/2011/10/pengaruh-letak-geografis-dan-astronomis.html(diakses tanggal 15 Juni 2017)
http://coretan-berkelas.blogspot.com/2014/09/batas-wilayah-indonesia-sebelah-utara.html(diakses tanggal 15 Juni 2017)
H.
KegiatanPembelajaran
:
Langkah
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
|
||
|
-Peserta didik bersama guru saling menyampaikan salam dan berdoa
-Guru mengecekkehadiranpesertadidik
- Pesertadidikbersama guru mengkondisikan kelas
- Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan menyanyikan
lagu Dari Sabang Sampai Meraukae secara bersama-sama
Apersepsi:
- Mereview materi sebelumnya tentang komponen peta
- Pengenalan materi yang akan dibahas
-Tanya jawab awal tentang nama pulau di Indonesia
|
10 menit
|
|
Inti
|
55 menit
|
||
Tahap 1. Merumuskan pertanyaan
|
a.
Guru
menyampaikantujuanpembelajaran
b.
Disajikan peta Indonesia
Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan tentang
apa yang diamati berkaitan dengan peta tersebut.
|
|
|
Tahap 2
Merencana
|
Pembagian kelompok
diskusi : setiap kelompok 3-4 orang
Guru membagikan
peta Indonesia dan Peta Dunia kepada tiap kelompok
|
|
|
Tahap 3 Mengumpulkan dan menganalisis data
|
Ø Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang letak
astronomis Indonesia dan pengaruhnya,letak geografis Indonesia dan
pengaruhnya serta batas-batas wilayah Indonesia baik berupa batas darat,
batas perairan maupun batas negara.
|
|
|
Tahap 4 Menarik Simpulan
|
Ø Setiap kelompok menarik simpulan dan menulis hasil
diskusi
|
|
|
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
|
Ø
Masing-masing kelompok mempresaentasikan hasil diskusi dan ditanggapi
oleh kelompok yang lain.
Ø
Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil diskusi.
|
|
|
Penutup
|
|
||
|
a) Guru
memberikesempatanuntukmenanyakanhal-hal
yang belumdipahami
b) Guru
memberikan penguatan
kepada siswa
c) Peserta didik mendapatkan tugas tertulis untuk
dikerjakn di rumah.
d) Guru
menyampaikanmateri yang akan di pelajariuntukpertemuan yang akandatang yaitu luas wilayah Indonesia.
e) Siswa memimpindoadanguru mengucapkansalam
|
15 menit
|
|
I. Penilaian
1. TeknikPenilaian
a. Sikap :
Observasi/jurnal
b. Pengetahuan :
penugasan
c. Ketrampilan :
kinerja proses dan
produk
2. Instrumenpenilaian
a. Sikap (terlampir)
b. Pengetahuan (terlampir)
c. Ketrampilan (terlampir)
4.
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial
dilakukandalampemberiantugasbagipesertadidik yang
belummencapaiketuntasanbelajarsesuaihasilanalisispenilaian
5. PembelajaranPengayaan
Berdasarkananalisispenilaian,
pesertadidik yang
sudahmencapaiketuntasanbelajardiberikegiatanpembelajaranpengayaanuntukperluasandan/pendalamanmateridenganmeringkasbukureferensiterkaitmateriletak dan luas wilayah Indonesia.
Manyaran, ......................................
……………,
…………………….
Mengetahui
Kepala
........................................... Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP.
................................................ NIP. ................................................
LAMPIRAN TEKNIK PENILAIAN
A.PENILAIAN SIKAP
1. Teknikpenilaian:
observasi/jurnal
2. Instrumenpenilaiandanpedomanpenilaian
JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP
Namasekolah : SMP IPS Kelompok 2
Kelas/semester : VII/Satu
Mata
pelajaran : IPS
Tahunpelajaran : 2017/2018
No
|
Tanggal
|
Nama peserta didik
|
Catatan perilaku
|
Butir sikap
|
Tanda Tangan
|
Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. PENILAIAN
PENGETAHUAN
Kerjakansoalberikutdengansingkatdanbenar!
No
|
Indikator Soal
|
Skor
|
1
|
Tulislah letak
astronomis Indonesia!
|
10
|
2
|
Jelaskan pengaruh letak
astronomis Indonesia!
|
30
|
3
|
Tulislah letak
geografis Indonesia!
|
10
|
4
|
Jelaskan pengaruh letak
geografis Indonesia terhadap pola kehidupan masyarakat Indonesia!
|
30
|
5
|
Tulislah batas-batas wilayah Indonesia!
|
20
|
|
Jumlah skor
|
100
|
Kuncijawaban
1. Letakastronomis
Indonesia :
6o LU-
11o Ls dan 95o BT – 141o BT
2. akibatletakastronomis
Indonesia :
a.
curah
hujan tinggi
b. penyinaran matahari sepanjang tahun
c. kelembabab udara tinggi
d. mempunyai dua musim yaitu kemarau dan penghujan
3. Letakgeografis
Indonesia :
Teletak antara dua
benua yaitu Asia dan Australiaia dan Samudera Pasifik
Terletak antara dua
samudera yaitu samudera Hind
4. pengaruh letak geografis terhadap pola kehidupan masyarakat Indonesia
adalah di Indonesia aktivitas masyarakatnya sangat beragam mulai dari sektor
pertanian, perdagangan, pertambangan,industri maupun jasa dll.
5. batas-batas wilayah Indonesia
1) Sebelah utara : Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik, Malaysia
2) Sebelah timur : Papua Nugini.
3) Sebelah selatan : Samudra Hindia.
4)
Sebelah barat : Samudra Hindia
C. PENILAIAN
KETERAMPILAN
Berupa kinerja dan produk
LEMBAR OBSERVASI
KINERJA PRESENTASI
Mata pelajaran : IPS
Materi :
Letak dan luas wilayah Indonesia
Kelas/semester :VII/Satu
No
|
Nama siswa
|
Aspek
Penilaian
|
||||||||||||
Keaktifan
menanggapi
|
Media
yang digunakan
|
Penguasaan
Materi
|
Rerata
Nilai
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ø Skor 4: Baik
Sekali
Ø Skor 3: Baik
Ø Skor2: Cukup
Ø Skor 1 :
kurang
Guru Mata Pelajaran
IPS
.......................................
NIP. ...............................
LAMPIRAN
MATERI LETAK DAN LUAS WILAYAH
INDONESIA
Indonesia merupakan negara kepulauan.
Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan?
Sebab
negara kita terdiri dari banyak pulau baik besar maupun kecil jumlah pulau di
Indonesia Lebih dari 17.504 pulau, banyak bukan? Pulau-pulau tersebut
terbentang dari Sabang sampai Merauke.
a. Letakdanluaswilayah Indonesia
Secara
astronomis, kepulauan Indonesia terletak pada 6oLU – 11oLS dan 95oBT – 141oBT.
Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia memiliki ciri-ciri iklim yang khas,
antara lain:
Temperatur
tinggi sekitar 260° C – 280° C.
Dengan
temperatur yang tinggi tersebut mengakibatkan terjadinya hujan zenithal.
Curah
hujan hingga 200 mm per tahun.
Bebatuan
lebih cepat lapuk.
Memiliki
keanekaragaman hayati yang jauh lebih beragam dibandingkan dengan negara lain.
Gaya
hidup masyarakat Indonesia yang dipengaruhi oleh iklimnya.
Credits:
https://www.satujam.com/letak-astronomis-indonesia/
Akibat
dari letak astronomisnya, Indonesia memiliki tiga perbedaan waktu, antara lain:
Waktu
Indonesia Barat (WIB) yang meliputi Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat juga
Tengah.
Waktu
Indonesia Tengah (WITA) yang meliputi wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan
Selatan, NTB, Bali, NTT, juga Sulawesi.
Waktu
Indonesia Timur (WIT) yang meliputi wilayah Maluku juga Irian Jaya.
Credits:
https://www.satujam.com/letak-astronomis-indonesia/
Adapun
secara geografis, Kepulauan Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua
Australia serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
Pengaruh
letak Geografis dan astronomis Indonesia
terhadap:
a.
suhu: Karena Indonesia terletak di daerah garis katulistiwa maka Indonesia
hamper selalu memiliki suhu yang tinggi karena sepanjang tahun selalu kena
matahari
b.
Cuaca: Karena suhu di Indonesia tidak berubah-rubah maka rata-rata suhu hamper
selalu sama sehingga cuaca di Indonesia tidak terlalu berbeda-beda.
c.
Iklim: Karena Indonesia diapit dua benua, menyebabkan Indonesia mengalami
perubahan musim setiap enam bulan sekali. Hal ini menyebabkan curah hujan yang
tinggi di Indonesia, sehingga Indonesia termasuk wilayah tropis (curah hujan
tinggi)
d.
Musim: Letak geografis Indonesia yang berada di antara Asia dan Australia telah
mempengaruhi keadaan musim di Indonesia, yaitu musim hujan, kemarau, dan
pancaroba.
e.
Flora: Karena Indonesia memiliki lautan dan juga pegunungan jadi Indonesia
memiliki 10% lebih jenis-jenis tanaman di dunia.
f.
Fauna: Karena dulu wilayah Indonesia tergabung dengan Asia, juga ada yang
dengan Australia, maka fauna di Indonesia campuran dari fauna asia dan
Australia.
Batas wilayah
Indonesia yaitu:
Batas-batas
wilayah Indonesia sebelah utara
Indonesia
berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian timur), tepatnya
disebelah
utara Pulau Kalimantan. Malaysia merupakan negara yang
berbatasan
langsung dengan wilayah darat Indonesia. Wilayah laut Indonesia
sebelah
utara berbatasan langsung dengan laut lima negara, yaitu Malaysia,
Singapura,
Thailand, Vietnam dan Filipina.
Batas-batas
wilayah Indonesia sebelah barat
Sebelah
barat wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berbatasan
langsung
dengan Samudera Hindia dan perairan negara India. Tidak ada
negara
yang berbatasan langsung dengan wilayah darat Indonesia disebelah
barat.
Walaupun secara geografis daratan Indonesia terpisah jauh dengan
daratan
India, tetapi keduanya memiliki batas-batas wilayah yang terletak
dititik-titik
tertentu disekitar Samudera Hindia dan Laut Andaman. Dua pulau
yang
menandai perbatasan Indonesia-India adalah Pulau Ronde di Aceh dan
Pulau
Nicobar di India.
Batas-batas
wilayah Indonesia sebelah timur
Wilayah
timur Indonesia berbatasan langsung dengan daratan Papua Nugini
dan
perairan Samudera Pasifik. Indonesia dan Papua Nugini telah menyepakati
hubungan
bilateral antarkedua negara tentang batas-batas wilayah, tidak
hanya
wilayah darat melainkan juga wilayah laut. Wilayah Indonesia sebelah
timur,
yaitu Provinsi Papua berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah
barat,
yaitu Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun).
Batas-batas
wilayah Indonesia sebelah selatan
Indonesia
sebelah selatan berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor
Leste,
perairan Australia dan Samudera Hindia. Timor Leste adalah bekas
wilayah
Indonesia yang telah memisahkan diri menjadi negara sendiri pada
tahun
1999, dahulu wilayah ini dikenal dengan Provinsi Timor Timur. Provinsi
Nusa
Tenggara Timur adalah Provinsi yang berbatasan langsung dengan
wilayah
Timor Leste, tepatnya di Kabupaten Belu. Selain itu, Indonesia juga
berbatasan
dengan perairan Australia. Diawal tahun 1997, Indonesia dan
Australia
telah menyepakati batas-batas wilayah negara keduanya yang
meliputi
Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) dan batas landas kontinen.
LEMBAR KERJA
KELOMPOK : ......
ANGGOTA KELOMPOK :
1.
2.
3.
5.
ORIENTASI
|
JAWABAN
|
Letak astronomis
Indonesia
|
|
Pengaruh letak
astronomis Indonesia
|
|
Letak geografis
Indonesia
|
|
Pengaruh letak
geografis Indonesia
|
|
Batas sebelah
barat
|
|
Batas sebelah
selatan
|
|
Batas sebelah
timur
|
|
Batas sebelah
utara
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar