Rabu, 05 Agustus 2020

POTENSI SUMBER DAYA HUTAN INDONESIA

POTENSI SUMBER ALAM HUTAN DI INDONESIA

 

Potensi sumber daya alam Indonesia adalah hutan, laut, minyak bumi, gas alam dan batu bara.

 

Kekayaan sumber daya alam Indonesia adalah hutan, lautan, minyak bumi, gas alam, dan batu bara.

Berikut ini penjelasan potensi sumber daya alam hutan:

A.    Potensi sumber daya alam Indonesia hutan

 Kekayaan hutan Indonesia salah satu terbesar di dunia selain Brazil dan Zaire. Berdasar data Kementerian Kehutanan RI, pada 2011 hutan Indonesia sekitar 99,6 juta hektar. Tetapi luas hutan semakin menurun. Laju kerusakan hutan Indonesia sekitar 610.375,92 hektar per tahun dan tercatat sebagai tiga terbesar di dunia.

Indonesia menjadi pengekspor hasil hutan ke sejumlah negara seperti Malaysia dan Jepang. Karena luas hutan di tiap negara beragam dan tidak semua negara punya sumber daya hasil hutan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan.

B.     Hasil hutan

meliputi kayu dan kekayaan sumber daya hayati yang hidup di dalamnya. Hutan menjadi sumber pangan dan obat-obatan. Keanekaragaman hayati hutan di Indonesia sangat tinggi dibanding negara-negara lain.

C.    Jenis hutan

Hutan di Indonesia dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu hutan produksi, hutan konservasi, dan hutan lindung.

1.      Hutan produksi

Hutan produksi adalah hutan yang sengaja ditanam untuk diambil kayunya. Hutan produksi mencapai 69,4 juta hektar (milik BUMN dan swasta melalui Hak Pengusahaan Hutan/HPH). Hasil hutan yang dimanfaatkan berupa kayu dan nonkayu. Hasil hutan non kayu adalah buah-buahan, getah dan resin, madu, rotan, terpentin, minyak kayu putih, damar, sagu, sutera, dan lain-lain. Hasil hutan berupa kayu ada dua, berupa kayu bulat dan kayu olahan. Kayu bulat adalah hasil hutan dalam bentuk batangan pohon yang belum diolah, seperti kayu jati, mahoni, akasia, cendana, pinus. Kayu olahan adalah kayu yang telah mengalami pengolahan lebih lanjut seperti kayu gergajian, plywood dan veneer.

2.      Hutan konservasi

Hutan konservasi adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemanya. Indonesia telah menetapkan sejumlah kawasan konservasi dalam bentuk taman nasional, suaka margasatwa, cagar alam dan taman hutan rakyat (tahura), dan lain-lain.

3.      Hutan lindung


Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk: Mengatur tata air Mencegah banjir Mengendalikan erosi Mencegah intrusi laut Memelihara kesuburan tanah

D.    Pemanfaatan sumber daya alam hutan

Manfaat sumber daya alam hutan di Indonesia adalah untuk:

1.      Penghasil oksigen Hutan disebut paru-paru dunia sebab banyaknya tumbuhan di hutan artinya menghasilkan oksigen dan udara sehat bagi manusia.

2.      Memenuhi berbagai keperluan manusia Hasil hutan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia.

Contoh, hasil hutan berupa kayu dan bambu dipakai untuk bahan pembuatan perabotan atau perkakas rumah tangga.

3.      Sumber bahan obat-obatan Hutan juga menghasilkan berbagai jenis bahan untuk obat-obatan. Beberapa jenis tumbuhan diketahui ampuh untuk mengobati sejumlah penyakit.

4.      Sumber bahan pangan Hutan di Indonesia juga dimanfaatkan penduduk untuk sumber pangan, misalnya buah-buahan dan binatang buruan.



Selamat belajar...
sampai ketemu di materi berikutnya
Salam...
@hendrotanoyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar